TUGlBSd5TSC9Tfr5TSM7TpG0Gi==

Ide Jualan Es Bulan Ramadhan


 

Es menjadi santapan wajib setelah hidangan utama selesai disantap. Jadi, bisa dibilang es merupakan menu buka puasa dengan peminat yang konsisten.

ANABERITA.COM, Ketika puasa, es merupakan sajian yang kerap kali ditemukan. Pada umumnya, es adalah salah satu menu takjil populer yang disantap sebelum hidangan utama.

Namun, tidak jarang es menjadi santapan wajib setelah hidangan utama selesai disantap. Jadi, bisa dibilang es merupakan menu buka puasa dengan peminat yang konsisten.

Bagi yang tidak sempat membuat hidangan es karena kesibukan yang padat, membelinya bisa menjadi solusi.

Permintaan konsumen tersebut membuka peluang keuntungan dari penjualan hidangan es selama Ramadan.

Lantas, apa saja ide jualan es bulan puasa untuk menambah pendapatan? Berikut adalah aneka es untuk jualan bulan puasa yang bisa dicoba:

1. Es Campur
Dari ide jualan minuman di bulan puasa yang sering kali dibahas, es campur merupakan kandidat konsisten di setiap tahunnya.

Jualan es campur di saat bulan puasa dapat menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, es campur memiliki rasa manis dan segar yang khas.

Untuk menjual es campur, siapkan bahan-bahan seperti cendol, kolang-kaling, cincau, es, susu, dan sirup.

Persiapannya tidak memakan waktu lama karena bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di pasar dengan harga terjangkau.

2. Es Susu Kurma
Tertarik dengan ide jualan es bulan puasa yang unik? Susu kurma bisa menjadi pilihan. Tidak hanya menjadi sunnah berbuka, konsumsi kurma juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cukup siapkan bahan-bahan utamanya, yaitu susu segar, kurma, dan madu. Padukan ketiga bahan tersebut untuk mendapatkan resep yang pas dan lezat.

Baca juga: 8 Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Cocok untuk Pemula 

3. Es Cincau
Ide jualan es bulan puasa selanjutnya adalah es cincau. Sama seperti es campur, bahan-bahan untuk membuat es cincau mudah dibeli di pasar dengan harga terjangkau.

Cincau adalah jelly yang terbuat dari bahan alami dan diwarnai menggunakan dedaunan. Es cincau biasanya disajikan dengan santan dan gula merah sehingga membuatnya terasa lezat.

4. Es Kelapa Muda
Es kelapa muda bisa menjadi ide jualan es bulan puasa yang tidak merepotkan. Cara membuatnya pun relatif mudah.

Biasanya, terdapat dua varian es kelapa muda yang ditawarkan, yaitu yang murni dan yang dicampur dengan gula.

Pelanggan yang suka dengan air kelapa murni lebih memilih minum langsung dari batoknya. Adapun penyuka manis cenderung memilih menyantap es kelapa muda dengan larutan gula.

5. Es Blewah
Saat puasa, es buah segar kerap kali menjadi pilihan. Salah satu ide jualan es bulan puasa yang berpeluang menarik perhatian pengunjung adalah es blewah.

Sajian es untuk takjil ini terbilang simpel. Untuk membuatnya, cukup padukan air es, blewah segar, dan sirup sebagai pemanis.

Di luar bulan puasa, es blewah pun bisa dijadikan pilihan jualan untuk menambah pemasukan guna menyiapkan dana darurat atau investasi guna keamanan finansial di masa depan.

6. Es Cendol
Bagi yang ingin mencoba ide jualan es bulan puasa dengan budget terjangkau, es cendol bisa menjadi pilihan.

Umumnya, es cendol disajikan dengan gula aren dan santan sebelum ditambah es batu untuk melengkapi kesegarannya.

7. Thai Tea
Seperti yang dapat dilihat dari namanya, Thai tea adalah minuman dengan rasa unik dan otentik khas Thailand.

Di Indonesia, Thai tea digemari oleh berbagai kalangan, dari usia muda hingga dewasa. Rasanya yang lezat dan segar dapat menjadi pilihan tepat untuk melegakan dahaga saat buka.

Thai tea terbuat dari paduan teh khas Thailand, susu kental manis, dan es batu. Warna oranye yang khas membuat sajian es ini memiliki keunikan tersendiri.

8. Es Pisang Hijau
Ide jualan es bulan puasa lainnya yang bisa dicoba adalah es pisang hijau. Sajian es khas Makassar ini terbuat dari pisang yang dibalut tepung beras, santan, dan air daun pandan.

Rasanya yang sedap dan segar menjadikannya sebagai pilihan takjil untuk melegakan dahaga sekaligus mengenyangkan perut.

9. Boba Milk Tea
Pernah dengar boba milk tea atau bubble tea? Ketenarannya yang konstan hingga sekarang membuatnya menjadi ide jualan minuman di bulan puasa pilihan untuk menarget anak muda hingga orang dewasa.

Rasa boba yang kenyal dipadu dengan milk tea dan es batu dapat membuatnya menjadi ide jualan menarik di bulan puasa.

10. Es Kopyor
Berjualan es di bulan puasa dengan modal kecil bisa dilakukan dengan menggunakan resep es kopyor.

Bahan-bahan untuk membuat es kopyor mudah dibeli dengan harga yang terjangkau. Cukup persiapkan daging kelapa muda, santan, susu kental manis, dan sirup untuk membuatnya.

Itulah beberapa ide jualan es bulan puasa dengan budget terjangkau yang bisa dijadikan inspirasi untuk menambah pundi-pundi keuntungan.

Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, ide jualan es bulan puasa di atas tidak begitu sulit untuk dicoba.

Jangan takut untuk berkreasi dengan resep es untuk takjil buatanmu. Tambahkan topping atau masukkan bahan baru yang dapat membedakan es jualanmu dengan yang lain.

Setelah resep dibuat, saatnya untuk mempersiapkan dana guna memenuhi kebutuhan belanja dan produksi.

Apabila sahabat membutuhkan dana untuk memulai usaha jualan es di bulan Ramadan, salah satu solusi yang bisa dipilih adalah mengadaikan aset berharga secara aman di Pegadaian.

Gunakan layanan Gadai Emas, Gadai Tabungan Emas, atau Gadai Non Emas untuk mendapatkan pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga lebih dari Rp20 juta.

Barang jaminan akan diasuransikan dan dijamin aman selama pelunasan berlangsung. Adapun pembayaran dapat dicicil dan dilunasi sewaktu-waktu dengan perpanjangan berkali-kali.

Sangat praktis, bukan? Yuk, lengkapi persyaratannya untuk dapatkan dana usaha jualan es saat puasa dengan aman!

Sumber:
https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/wirausaha/ide-jualan-es-bulan-puasa

Komentar0

Type above and press Enter to search.